Jumat, 26 Maret 2010

perbedaan TV ANALOG dan TV DIGITAL

Tugas Mid Semester
Perkembangan Teknologi Komunikasi
PERBEDAAN PENYIARAN DIGITAL DAN ANALOG
Disusun Oleh
Taufan Dennico 153080335
Kelas C
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL”VETERAN”
YOGYAKARTA

Kata Pengantar

Televisi merupakan salah satu media hasil dari berkembangnya teknologi komunikasi, seiring perkembangannya saat ini media televisi telah menjadi salah satu media paling diminati oleh masyarakat luas. Televisi atau sering disingkat dengan TV ini mengalami perkembangan yang cukup cepat, terbukti dari lahirnya TV digital yang berawal dari TV analog terlebih dahulu, kita khalayak media kembali dikenalkan dengan era TV digital yang tentunya menawarkan kualitas yang lebih tinggi, baik dari audio maupun visualnya dari pada TV analog biasanya.

Perbedaan dari kedua tipe Televisi ini sebenarnya menurut pendapat saya sangat kontras ataupun sangat jelas jika dilihat dari sisi kualitas dan kuantitasnya karna TV digital merupakan perkembangan teknologi komunikasi terbaru dan TV analog adalah tipe Televisi yang boleh dikatakan sudah lama. Namun perbedaan disisi lain itu pasti ada didalam kedua jenis tipe televisi ini.

• Televisi Digital
Televisi digital atau penyiaran digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi. Jenis penyiaran ini mempunyai kualitas frekuensi penyiaran yang tinggi dan kelebihan lainnya. Desain dan implementasi sistem siaran TV digital (terutama) ditujukan pada peningkatan kualitas gambar. TV digital memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi dan resolusi tinggi. Sistem TV digital mampu menghasilkan penerimaan gambar yang jernih, stabil, dan tanpa efek bayangan atau gambar ganda, walaupun pesawat penerima berada dalam keadaan bergerak dengan kecepatan tinggi. Sistem TV digital tidak mengenal gambar tidak jelas, gambar ganda (ghost), dan kualitas gambar buruk lainnya, karena pada teknik digital hanya dikenal Gambar bagus atau tidak ada sama sekali.

Adapun kelebihan dari kualitas frekuensi penyiaran digital adalah Meningkatnya penyelenggaraan televisi dimasa depan dapat diantisipasi dengan suatu terobosan kebijakan dalam pemanfaatan spektrum frekuensi. Penyelenggara televisi digital berfungsi sebagai operator penyelenggara jaringan televisi digital, sedangkan program atau content disediakan oleh operator yang khusus menyelenggarakan jasa program/content televisi digital (operator lain). Dari aspek regulasi, terdapat izin penyelenggara jaringan dan izin penyelenggara jasa program/content sehingga dapat menampung banyak perusahaan baru yang bergerak dibidang penyelenggaraan televisi digital.

Bentuk penyelenggaraan sistem penyiaran di era digital mengalami perubahan baik dari pemanfaatan kanal maupun teknologi jasa pelayanannya. Pada pemanfaatan kanal frekuensi, terjadi efisiensi penggunaan kanal. Satu kanal frekuensi yang saat ini hanya bisa diisi oleh satu program saja nantinya bisa diisi antara empat sampai enam program sekaligus.


• Televisi Analog
Sistem dari TV analog adalah mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase atau frekuensi dari sinyal. Dalam hal ini TV analog atau penyiaran analog mempunyai sifat yang mengenal gambar yang dihasilkan tidak jelas ataupun sering kali tidak ada gambarnya sama sekali dalam penanyangannya. Hal ini disebabkan karena sistem penyiaran dari TV analog itu sendiri yang sudah dijelaskan diatas yaitu system penyiaran dari TV analog adalah mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dari sinyal yang menyebabkan adanya gambar yang jelas dan tidak jelas.

TV analog memvariasikan frekuensi dari sinyal menyebabkan ada gambar yang jelas dan tidak jelas, sebagai contoh pada saat kita menyaksikan siaran dari TV analog kita sering menemukan tayangan dengan gambar yang jelek ataupun tidak jelas, lalu kita perlu memutar atau mengotak atik antenna sebagai media penangkap sinyal dari TV analog tersebut agar bisa mendapatkan gambar yang bagus, inilah praktek dari system penyiaran dari TV analog yang bervariasi dengan voltase dari sinyal tersebut.


• Perbedaan Televisi Digital Dan Televisi Analog
Pada kenyataannya, memang siaran digital mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan analog seperti kualitas gambar yang lebih baik dan konsisten, banyaknya data yang bisa dikirim serta berbagai macam data bisa kita kirim.
Sinyal yang dikirim melalui siaran digital tidak akan bermasalah seperti analog. Jika pada analog, semakin jauh dari pemancar maka sinyal akan lemah yang berakibat pada kualitas gambar. Berbeda dengan digital, selama TV bisa menerima sinyal (walaupun lemah), TV Digital akan tetap menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Berdasarkan pernyataan diatas bahwa Televisi digital atau penyiaran secara digital berbeda dengan penyiaran analog, dan yang menjadi perbedaan diantara keduanya adalah jika dilihat dari sisi system penyiaran sampai berimbas atau berujung kepada kualitas dan kuantitas audio dan visual yang dihasilkan dari dua tipe penyiaran ini.

Penyiaran secara analog menggunakan system penyiaran dengan cara mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dari sinyal, system penyiaran seperti ini tentunya mempunyai variasi dalam audio dan visual yang akan ditayangkan, selain itu penyiaran analog juga bergantung dengan jarak sinyal yang akan menghasilkan gambar dari tayangan tersebut secara berbeda-beda, dalam arti lain kejernihan gambar dari tayangan dari TV analog sangat bergantung pada jarak sinyal yang akan berimbas kepada kejernihan audio visual tayangannya.

Hal-hal yang bisa terjadi dalam penyiaran analog sangat tidak mungki terjadi pada penyiaran digital, hal inilah yang menjadi perbedaan mendasar keduanya. Dalam penyiaran digital yang bersistem atau mempunyai sifat modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi sehingga gambar yang akan ditayangkan melalui pesawat televisi itu tidak akan rusak atau terjaga kejernihan audio dan visual yang dihasilkan. Penyiaran digital seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa TV digital tidak mempunyai sifat perbedaan gambar dalam setiap tayangannya disetiap pesawat televisi dengan jarak yang berbeda-beda dengan arti luasnya gambar atau suara yang diterima pesawat televisi akan terjaga kualitasnya disetiap pesawat televisi yang berbeda-beda selagi ada sinyal walupun sedikit. Selain itu visual di sebuah TV digital akan dikompresi dan menghasilkan sebuah format MPEG-2 yang merupakan standar dari sebuah DVD dan hasilnya, tentu saja kualitas menjadi lebih baik.

kelebihan dari kualitas frekuensi penyiaran digital adalah Meningkatnya penyelenggaraan televisi dimasa depan dapat diantisipasi dengan suatu terobosan kebijakan dalam pemanfaatan spektrum frekuensi. Penyelenggara televisi digital berfungsi sebagai operator penyelenggara jaringan televisi digital, sedangkan program atau content disediakan oleh operator yang khusus menyelenggarakan jasa program/content televisi digital (operator lain). Dari aspek regulasi, terdapat izin penyelenggara jaringan dan izin penyelenggara jasa program/content sehingga dapat menampung banyak perusahaan baru yang bergerak dibidang penyelenggaraan televisi digital. Selain itu TV Digital juga bisa menghasilkan kualitas gambar biasa seperti yang ada saat ini. Dan tujuannya, dengan besar sinyal yang sama, stasiun TV Digital bisa menampilkan beberapa pilihan acara bagi khalayaknya. Jadi kita bisa melihat beberapa pilihan untuk ditonton, misal kuliner, wisata dan lainnya.
Intinya dengan TV Digital, satu stasiun TV bisa menampilkan beberapa pilihan untuk ditonton, tidak seperti Penyiaran analog, yang untuk menonton acara lain berarti kita harus berpindah ke stasiun TV lain. Hal-hal seperti inilah yang merupakan perbedaan yang amat mendasar dari kedua jenis penyiaran analog dan digital.

Prospek Masa Depan Penyiaran TV Di indonesia Dilihat Dari Munculnya
TV Digital

Dua opini tersirat dipikiran saya jika melihat kemunculan penyiaran digital dan kaitannya dengan perkembangan prospek kedepan dari siaran TV di Indonesia, dilihat dari sisi positifnya munculnya penyiaran digital ini merupakan kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi yang tentunya dapat memenuhi kubutuhan masyarakat kita, yang saya pikir semakin hari semakin mendigital. Rasanya tidak terlalu berlebihan jika dikatakan sebagian masayarakat kita hidup dalam dunia yang penuh dengan sentuhan digital, ditambah lagi dengan adanya TV digital ini, yang menurut pandangan saya adalah kemajuan zaman yang dapat mendorong masyarakat kita kedepannya akan berpikir lebih maju lagi

Prospek kedepannya untuk siaran TV di Indonesia dengan munculnya TV digital ini menurut pendapat saya ialah dapat memberiken dampak positip yaitu bisa lebih mendewasakan masyarakat kita dalam arti selama ini mayarakat yang merupakan komunikan dari penyiaran melalui TV yang selalu disuguhkan dengan tayangan yang telah tersedia distasiun TV yang umumnya berseragam itu, tapi di era TV digital ini khalayak dapat memilih tayangan atau siaran mana yang dibutuhkan dan tidak terpaku dengan suguhan dari stasiun TV yang seperti ini saya dan masayarakat lain rasakan secara tidak langsung, bagi saya hal ini merupakan pendewasaan bagi khalayak siaran TV di Indonesia.

Ada positif adapula negatifnya, menurut saya dampak negative yang akan muncul nanti kaitannya disini saya lebih banyak melihat dari sisi anak-anak. Banyak pilihan ataupun berlebihnya sebuah pilihan siaran TV, saya rasa juga tidak baik jika kita mulai berandai ketika anak-anak yang sering menonton siaran TV di era digital ini yang dihadapkan dengan banyak pilihan siaran yang akan ditontonnya. Namanya juga anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, bagaimana jadinya jika suatu hari nanti mereka dengan atau tidak sengaja melihat siaran yang belum seharusnya dilihat yang tentunya akan berdampak tidak baik bagi jati diri anak tersebut dalam perkembangan pemikirannya menuju dewasa nanti. Ini dampak yang menurut saya akan dekat di era ini, namun segala sesuatunya tergantung dari bagaimana masyarakat bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi komunikasi yang satu ini.

Penyesuaian dan pengkontrolan yang baik dari orang tua dan masyarakat umumnya saya rasa akan membantu mengatasi dampak menurut opini negative yang saya sampaikan diatas. Semoga saja seiring munculnya TV digital ini merupakan era kemajuan bagi masyarakat kita yang tentunya kita semua berharap dampaknya bisa lebih mendewasakan kita semua khalayak media siaran TV dalam memilih siaran yang berguna bagi kehidupan, yang dapat memberikan inspirasi positif dan berdampak memajukan pola pikir ataupun hal-hal lainnya dalam masyarakat dan Negara kita Indonesia.

1 komentar: